Pengumuman! Blog Program Penanganan Kawasan Kumuh Perkotaan (P2KKP) beralih ke Blog Program KOTAKU (Kota Tanpa Kumuh) Provinsi Sumatera Selatan dengan alamat blog berikut: http://kotakusumsel.blogspot.co.id/ , tetap semangat menuju 100-0-100

Senin, 18 Januari 2016

UNSRI Melakukan Pelatihan Pengemasan Produk Kepada KSM PPMK

P2KKP Palembang - Pengabdian masyarakat menjadi salah satu tugas utama Perguruan Tinggi dan sebagai bentuk penerapan ilmu pengetahuan yang dikuasai. Bentuk dari pengabdian pada masyarakat yang dilakukan oleh Dosen Universitas Sriwijaya (UNSRI) ini adalah pelatihan pengembangan kompetensi masyarakat.

Dari hasil identifikasi dan perumusan masalah yang dilakukan langsung ke Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) PPMK Kelurahan Karang Anyar, Bukit Baru, 20 Ilir D4, Pipa reja, Talang Aman, dan bukit Sangkal yang mempunyai produk usaha krupuk kemplang, rengginang, aneka kripik , pempek dan lain-lain didapat bahwa permasalahan utama KSM adalah pengemasan produk usaha.

"Pengemasan produk usaha menjadi hal yang sangat penting apalagi untuk produk olahan makanan, karena dengan kemasan yang baik maka  tentunya produk akan memiliki nilai tambah. Dan selain itu, pengemasan bertujuan untuk menjaga kualitas produk, mempermudah distribusi produk serta menarik perhatian konsumen", jelas Liliana selaku Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat.

Berdasarkan identifikasi dan perumusan masalah KSM PPMK , maka dilakukan dua periode pelatihan yaitu pada tanggal 24 November 2015 bertempat di Kantor Lurah Kelurahan Bukit Sangkal yang diikuti oleh KSM PPMK dari Kelurahan Pipareja, Talang Aman, Bukit sangkal dan pada tanggal 25 November 2015 bertempat di Kantor Sekretariat LKM Karang Anyar Mandiri Kelurahan Karang Anyar yang diikuti oleh KSM PPMK dari Kelurahan Karang anyar, Bukit Baru, 20 Ilir D4. 

Dalam paparan yang disampaikan oleh apit Fathurohman di Pelatihan Packaging Produk menjelaskan bahwa teknologi Pengemasan (Packaging) terbagi menjadi dua, yaitu: (1) Aspek Perlindungan dan Penanganan Produk, (2) Aspek Pemasaran dari Pengemasan. 

Aspek Perlindungan dan Penanganan Produk yang dimaksud adalah:
  • Mengontrol  keluar masuknya uap air, terutama untuk produk yang kering dengan mengatur sirkulasi (perputaran) udara di luar kemasan. Mengontrol uap air bisa dilakukan dengan menggunakan pengemasan yang masih dapat melewatkan uap air dalam jumlah yang sedikit.
  • Mengendalikan suhu,  bertujuan untuk memperpanjang umur simpan produk, dimana penyimpanan dengan suhu rendah maka diperlukan kemasan yang tahan suhu rendah, atau kemasan yang kuat sehingga apabila pada waktu pembekuan tidak pecah. Contoh: PVDC
  • Mencegah Perpindahan Komponen yang dapat menguap, pengemasan ini bertujuan untuk mencegah terjadinya perubahan cita rasa produk dan biasanya dalam kemasan kedap. Contoh: kantong polietilen dan kemasan gelas seperti botol atau gelas jar. 
  • Mencegah kontak cahaya,  bertujuan untuk menghindari kontak cahaya produk-produk yang tidak tahan terhadap cahaya dengan menggunakan kemasan kedap cahaya, contohnya: Kemasan Aluminium Foil, Kaleng, Gelas Berwarna, Plastik tidak transparan (tembus pandang). 
kantong polietilen dan kemasan gelas seperti botol atau gelas jar
Kemasan Aluminium Foil, Kaleng

Aspek pemasaran dari pengemasan, ternyata juga menjadi point penting dalam sukses pemasaran produk usaha, karena permintaan dan minat konsumen akan kemasan yang praktis (mudah dibuka dan ditutup, volume yang sesuai, dapat digunakan kembali/diisi ulang) serta menarik perhatian (dari segi warna, bentuk, merk, gambar dan tata letak) mesti menjadi perhatian dan disesuaikan dengan segmen pasar. contohnya: seorang anak membeli produk karena terdapat gambar tokoh kartun kesayangannya di kemasan.  

Pelatihan yang terbagi dua periode ini diikuti masing-masing 25 peserta diharapkan agar anggota KSM mengetahui pentingnya kemasan, baik dari konsep desain dan labeling  kemasan produk.  Pelatihan ini juga diharapkan dapat berkelanjutan dengan dimitrakan dengan LPM Universitas Sriwijaya dalam bentuk pelatihan manajemen organisasi, kepemimpinan, packaging produk, pembukuan usaha ke KSM-KSM PPMK di kelurahan lainnya yang belum mendapatkan pelatihan.

Dokumentasi lainnya: 

Pelatihan di Kelurahan Bukit Sangkal

Program Director OC-02 Memberi Kata Sambutan
 
Foto Bersama

 Pelatihan di Kelurahan Karang Anyar

Narasumber memaparkan
Kemasan Produk KSM yang masih sederhana
Foto Bersama

ditulis Oleh:
Mardalena
TA PPMK OC-02 P2KKP
Provinsi Sumatera Selatan

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Pengelolaan Pengaduan Masyarakat

Redaksi Blog P2KKP Provinsi Sumatera Selatan:

OC-02 Provinsi Sumatera Selatan : Jl.Bandar Agung No.1005 RT.13 RW.04 Kelurahan 20 Ilir/Sekip Bendung Kota Palembang 30127 Provinsi Sumatera Selatan Telp/fax: 0711-365385 email: oc2.sumsel@gmail.com

.

.